Kamis, 30 Maret 2017

Praktikum Orkom Aritmatika & Emulator 8086

Soal :



1. Apa itu Aritmatika?

  Jawab :

  Aritmatika adalah cabang matematika yang bersangkutan dengan penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan ekstraksi akar nomor-nomor tertentu yang dikenal sebagai bilangan real.

2. Jelaskan apa itu ALU!

  Jawab :

  Arithmatic Logical Unit (ALU), merupakan salah satu bagian/komponen dalam sistem di dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

3. Apa itu Register, Flag, dan Unit Control?

  Jawab :

-          Register adalah memori berukuran sangat kecil dengan kecepatan akses sangat tinggi. Jika digunakan untuk menampung hasil olahan disebut sebagai accumulator. Akan disimpan ke main memory sebagai hasil olahan CPU.

-          Flag merupakan Bit memori tunggal yang digunakan CPU untuk menahan track pada kondisi tertentu.

-          Unit kendali (Control Unit - CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut.

4. Sebutkan apa saja jenis representasi integer oleh biner!

  Jawab :

- Representasi Unsigned Integer
- Representasi Nilai Tanda
- Representasi Komplemen dua (two’s complement)


LAPORAN PRAKTIKUM ORKOM
ARITMATIKA & EMULATOR 8086
E:\MyDatt\TRISAKTI\2000px-Trisakti_Logo.svg.png

Disusun Oleh :
Kelompok D :
Hafiz Adi Wijaya
  Reymartin Reza Pratama
Kevin Mandala Yudha
Elfin Rizaldy

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS TRISAKTI

2017






ARITMATIKA & EMULATOR 8086

I.                   Latar Belakang

       Mempelajari emulator 8086 yang merupakan software berbahasa assembly (Bahasa rakitan) yang fungsionalnya untuk hardware. Terdapat banyak program yang sudah ada di emulator 8086, salah satunya program aritmatika kalkulator. Percobaan kali ini bertujuan untuk menjalankan fungsi aritmatika kalkulator pada emulator 8086. Juga dapat memberi gambaran serta penjelasan tentang Bahasa assembly yang merupakan Bahasa yang dipakai untuk hardware.

II.                 Tujuan Percobaan

Adapun tujuan dari percobaan praktikum ini adalah :
·                     Dapat menjelaskan definisi aplikasi emulator 8086
·                     Dapat menjelaskan kegunaan aplikasi emulator 8086
·                     Dapat menjalankan program Calculator pada emulator 8086
·                     Memberikan gambaran akan Bahasa Assembly
·                     Dapat memperlihatkan output dari penjumlahan berbagai operator yang berbeda

III.              Teori Percobaan

Emu8086 adalah aplikasi berbasis emulator bagi pemrograman bahasa assembler atau mikrokontroler. Dengan menggunakan aplikasi emulator, kita dapat mensimulasikan apakah program kontrol hardware yang kita buat sudah benar atau masih salah.
Dalam “emu8086” terdapat beberapa menu, antara lain:
1.       Emulate : untuk menjalankan emulator kode program yang kita buat
2.       Compile : untuk membuat (compile) “binary executable file” atau ekstensi “.com” atau “.exe” dari kode program.
3.       Run : menjalankan aplikasi dari emulator yang dihasilkan (execute).
4.       Single Step : Menjalankan aplikasi dengan cara tracing (diproses perbaris kode program).
Memulai pemrograman bahasa Assembler terdiri dari beberapa kode operasi code (op code) dan pseudo ops. Bentuk instruksinya adalah op code diikuti operand. Opcode adalah perintah yang akan dilaksanakan, sedangkan operand dpaat terdiri dari sumber (source) dan tujuan (destination).
Contoh : MOV AX,BX
Opcode dari contoh di atas adalah MOV, sedangkan operandnya adalah AX, BX. Maksud kode di atas adalah perintah untuk menyalin data yang ada di register BX (source operand) ke register AX (destination operand).
Pseucode operation (pseudo ops) adalah perintah kepada assembler untuk memberitahukan apa yang harus dilakukan terhadap data, percabangan bersyarat, perintah macro dan listing. Beberapa pseudo ops yang sering dijumpai adalah sebagai berikut :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixf_j0AL6qCXk-7QXP2v348FF8sJrZuYXsshycXzszGiy0JqOSXGFzengRCqzawi80X6hE6Bo7l7mnOAd_PYvSUrpOVD6jiqROEFrjbTauC42mVDJEQY3Fw5QIC45-3DgJSvPoHxQwPx09/s320/mov.png
Untuk menjalankan Klik  “compile” kemudian pilih lokasi di mana file executable akan disimpan, lalu “single step”, sehingga hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoCe9aNjxfbA1JFHdZdVAxVQMoATfRER2k9kZY2nqfKafSRLobBhHi94uirfoqCD0hwyGaFRVLkMHfdPx0LijBuQ0VcT8nuBAL_fZXPKyHALs3k6SzvEY_I9qgx-MpUu_K7QJENwDP2EKs/s320/hmov.png

Bahasa assembly adalah sebuah program yang terdiri dari instruksi-instruksi  yang menggantikan kode-kode biner dari bahasa mesin dengan “mnemonik” yang mudah diingat. Misalnya sebuah instruksi penambahan dalam bahasa mesin dengan kode “10110011” yang dalam bahasa assembly dapat dibuat dalam instruksi mnemonik ADD, sehingga mudah diingat dibandingkan dengan angka 0 dan 1, dalam setiap instruksi membutuhkan suatu operand baik berupa data langsung maupun suatu lokasi memori yang menyimpan data yang bersangkutan. Bahasa assembly sering juga disebut kode sumber atau kode simbolik yang tidak dapat dijalankan oleh prosesor, sedangkan assembler adalah suatu program yang dapat menerjemahkan program bahasa assembly ke program bahasa mesin. bahasa mesin adalah kumpulan kode biner yang merupakan instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer. Program bahasa mesin sering disebut sebagai kode objek.

Baris-baris program yang mengandung instruksi mesin atau pengarah assembler harus mengikuti aturan program assembler ASM51. Masing-masing baris atas beberapa field yang dipisahkan dengan spasi atau tabulasi adalah bagian label, bagian mnemonic, bagian operand yang bisa lebih dari satu bagian komentar dan diakhiri dengan END.

IV. Langkah/Cara Percobaan


1. Buka Aplikasi emu8086. Lalu klik new

2. Lalu kliklah BIN template. Klik ok

3. Setelah muncul tampilan awal, klik open-pilih Calculator.asm dan klik open.


Akan terlihat seperti gambar di bawah ini setelah membuka program kalkulator



4. Lalu program dapat dijalankannya melalui perintah emulate. Maka akan dilakukan running process

5. Setelah muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, kliklah run




6. Akan muncul tampilan window seperti cmd, dan silahkan masukkan angka dan operator untuk melakukan testing program kalkulator. Dari hasil testing, dapat terlihat hasilnya benar.
Output Aritmatika Penjumlahan

7. Untuk memulai operasi penghitungan dengan angka dan operator yang berbeda, kliklah Reload untuk mengrefresh program pernghitungan kalkulator. Kemudia klik Run kembali, dan masukkan angka dan operator yang berbeda untuk di jumlahkan.
Output Aritmatika Pengurangan

8. Output Aritmatika perkalian

9. Aritmatika pembagian

Program Mencari Luas Segitiga & Program Penghitung Bilangan Pangkat Tiga

Program Mencari Luas Segitiga :

- Buka Software Emulator 8086, dan klik New

- Pilih empty workspace lalu klik Ok

- Buatlah Source Code Sepeti gambah di bawah ini


- Lalu klik emulate

- Klik Run untuk menjalankan program

- Tampilan seperti Command Promt otomatis akan muncul. Masukkan input variabel yang di minta lalu tekan enter untuk menampilkan hasil


Program mencari hasil bilangan pangkat tiga :

- Buka software emulator 8086, dan klik new

- Pilih empty workspace lalu klik ok

- Ketiklah Source Code seperti gambar di bawah ini


- Klik emulate

- Klik Run untuk menjalankan Program

- Akan muncul tampilan seperti Command Prompt, masukkan input variable yang diminta, lalu tekan untuk menampilkan hasil



V. Data Percobaan


















VI. Kesimpulan

Dari hasil praktikum yang tekah dilakukan, dapat terlihat bahwa Software emulator 8086 berfungsi sebagai software untuk pembuatan porgram dengan bahasa Assembly yang fungsionalnya di khususkan dengan hardware. Di percobaan ini dijalankan program aritmatika kalkulator yang fungsinya untuk melakukan operasi pada bilangan dengan berbagai macam operator. Juga dijalankan program mencari luas segitiga dan bilangan pangkat tiga, yang dibuat dan dijalankan di emulator.

1 komentar: